Home | Artikel | Kegiatan Cabang | Video | Pengurus Cabang | Gallery | MPCS Shop

Archive for April, 2017

Piknik ala MP Sleman yang Bikin Mental Sekeras Baja

Dua minggu pasca Ujian Kenaikan Tingkat (UKT), tiba hari yang ditunggu oleh semua peserta yang telah dinyatakan lulus UKT, yaitu kegiatan pembajaan. Kegiatan pembajaan ini merupakan kegiatan prosesi pelantikan bagi peserta UKT yang telah lulus dan berhak melanjutkan ke tingkat selanjutnya, sekaligus pikniknya peserta Merpati Putih Cabang Sleman. Sebelum menjelaskan secara detail kegiatan pembajaan, sedikit pembahasan dari proses UKT menuju Pembajaan. Setelah UKT selesai, kokom (tingkat kombinasi) selaku tim penguji melakukan yudisium untuk menentukan siapa saja peserta UKT yang lulus atau belum lulus UKT. Selain itu, dalam yudisium para kokom juga menentukan jika ada peserta terbaik dalam setiap tingkatan yang di ujikan.

Hasil dari penilaian untuk peserta terbaik keluar beberapa nama diantaranya, untuk tingkat Dasar I ada Isfi Nurafifa dari Kolat UGM untuk peserta terbaik Putri dan Muhammad Safi’i dari Kolat STTA untuk peserta terbaik Putra. Yohanes Pratama D.S dari Kolat UAJY terpilih sebagai peserta terbaik tingkat Dasar II, sedangkan peserta terbaik dari tingkat Balik I ada Suroto dari Kolat UPN. Ada yang bilang semakin tinggi tingkatan maka semakin besar pula usaha yang harus dilakukan peserta didik untuk dapat menjadi yang terbaik, itulah kenapa peserta terbaik dari tingkat Dasar II dan Balik I hanya dipilih 1 orang dari peserta Putra-Putri.

Read the rest of this entry »

Ujian Kenaikan Tingkat ala MP Cabang Sleman

UKT__1492849125_114.120.232.16Ujian Kenaikkan Tingkat (UKT) yang dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 18-19 Maret 2017, bertempat di salah satu kolat yang ada dibawah naungan cabang Sleman yaitu kolat Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA). UKT pada periode ini diikuti oleh 90 peserta, mulai dari tingkat dasar I sampai dengan tingkat balik II. Adapun jumlah peserta untuk tingkat dasar I yaitu 47 orang, tingkat dasar II berjumlah 16 orang, tingkat balik I berjumlah 22 orang dan untuk tingkat balik II berjumlah 5 orang. Seperti biasa untuk tim penguji UKT yaitu para kokom (tingkat kombinasi) Sleman. Pada kesempatan ini, ketua tim penguji UKT dipercayakan kepada Mas M. Rifki Abdullah dari tingkat kombinasi II.

Adapun rangkaian kegiatan UKT sama seperti biasa dimulai dengan upacara perguruan sekaligus pembukaan acara kegiatan. Setelah upacara selesa,i peserta langsung menuju ke ruangan yang telah disediakan oleh panitia untuk persiapan ujian tulis. Untuk ujian tulis peserta diberikan waktu 1 jam untuk menjawab semua soal ujian yang diberikan kepada masing-masing tingkatan. Pukul 16.30 ujian tulis dimulai, dan selesai pada pukul 17.30 wib. Selanjutnya peserta diberikan waktu untuk istirahat makan dan shalat sampai dengan ba’da Isya’. Selesai Ishoma peserta dikondisikan untuk persiapan ujian gerak. Biasanya di kolat STTA ujian gerak dilakukan di lapangan terbuka. Namun, karena kondisi cuaca yang kurang mendukung, untuk ujian gerak dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama untuk tingkat dasar I dan dasar II dan sesi kedua untuk tingkat balik I dan Balik II.

Read the rest of this entry »