Home | Artikel | Kegiatan Cabang | Video | Pengurus Cabang | Gallery | MPCS Shop

Archive for April, 2018

Pembajaan & Pelantikan di Parangkusumo

Setelah 3 minggu dari rangkaian kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Merpati Putih Cabang Sleman (MPCS) selesai, waktunya pembajaan & pelantikan bagi peserta yang lulus UKT. Pembajaan dengan kata dasar “baja” memiliki makna dan tujuan untuk membentuk mental layaknya baja yang kuat dan tak mudah untuk dipatahkan. Di pembajaan ini fisik dan mental anggota ditempa agar menjadi kuat dan tangguh seperti menempa sebongkah baja agar dapat digunakan menjadi sebuah alat yang kuat dan dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. Itulah sedikit makna pembajaan bagi peserta didik, sama seperti proses latihan di Merpati Putih yang tidak hanya mengutamakan fisik namun juga pembentukan karakter bagi setiap anggota.

Pada hari Sabtu & Minggu, tanggal 7-8 April 2018, Anggota MPCS melaksanakan rangkaian kegiatan pembajaan dan pelantikan di kawasan Padepokan Merpati Putih Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus dalam UKT sebelumnya. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 56 dengan rincian, 42 Peserta dari tingkat Dasar 1, 6 Peserta dari tingkat Dasar 2 dan 8 Peserta dari tingkat Balik 1. Peserta yang telah mengikuti rangkaian kegiatan ini, telah resmi memperoleh tingkatan baru, dan berhak untuk mengikuti latihan di tingkatan selanjutnya dalam satu periode kedepan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Mas Wuryantomo dan Mas Mulyadi selaku pelatih senior di Cabang Sleman. Beliau juga memberikan wejangan kepada peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dimulai pada hari Sabtu pukul 13.00 wib, diawali dengan upacara pembukaan dan langsung dilanjutkan denganIMG-20180411-WA0002 pemanasan oleh seluruh peserta. Setelah selesai pemanasan peserta melanjutkan kegiatan menuju  Kali Opak untuk melakukan ziarah dan tabur bunga. Tabur bunga ini dimaksudkan untuk mengenang para senior Merpati Putih yang telah gugur di Kali Opak dalam pelaksanaan UKTNas beberapa tahun yang lalu. Setelah tabur bunga, peserta langsung melintasi Gunung Botak hingga kembali ke Padepokan Merpati Putih Parangkusumo dan melakukan jamasan yang telah disediakan oleh panitia. Karena hari sudah sore, sesampai di padepokan semua peserta dipersiapkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan inti selanjutnya yaitu menghantar matahari tenggelam. Kemudian peserta diberikan waktu untuk istirahat, sholat dan makan bersama hingga ba’da Isya’. Selesai ishoma peserta dikumpulkan dipadepokan untuk mengikuti acara selanjutnya yaitu wejangan dari senior dan sedikit games dari panitia. Acara games ini diadakan sebagai hiburan agar peserta tetap fresh dan tidak mengantuk selama acara berlangsung, karena rangkaian kegiatan ini cukup panjang dan melelahkan. Setelah kegiatan indoor selesai selanjutnya peserta menuju ke Pantai Parangkusumo untuk melakukan renungan malam dan dilanjutkan dengan kegiatan malam pertingkatan.

Minggu pagi pukul 05.30 wib, semua peserta kembali menuju ke Pantai Parangkusumo untuk melakukan rangkaian kegiatan inti selanjutnya, yaitu menyambut matahari terbit dan dilanjutkan dengan latihan pertingkatan serta pengambilan sabuk merah bagi calon anggota. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan akhir dari pembajaan dan pelantikan. Setelah pengambilan sabuk dasar 1 selesai, selanjutnya peserta kembali menuju ke lapangan padepokan untuk upacara pelantikan sekaligus penutupan kegiatan akhir pekan keluarga MPCS ini.

Begitu kira-kira rangkaian kegiatan pembajaan MPCS periode April kali ini, walaupun melelahkan namun kegiatan ini memberikan pengalaman dan semangat berlatih teman-teman MPCS. Semoga kegiatan pembajaan kali ini bisa “membajakan” mental dan fisik bagi peserta didik, sehingga siap mengemban tingkatan baru. Selalu semangat latihan dan jangan lupa pola hidup sehat untuk mendapatkan badan yang sehat dan selalu bugar

MP SLEMAN JOSS TENAN !!!

Pantau juga kegiatan kami melalui :

Instagram : @merpatiputihsleman           Facebook : MerpatiPutih CabangSleman

 

HUT Merpati Putih Ke 55

Semua anggota PPS betako Merpati Putih seharusnya tahu dan wajib tahu kapan berdirinya perguruan pencak silat yang kita cintai ini. PPS betako Merpati Putih bediri pada tanggal 2 April 1963, dan tepat ditanggal 2 April 2018 ini, perguruan kita telah berdiri selama 55 tahun. Eksis dan berkembang di umur tesebut menandakan bahwa sudah lebih dari setengah abad perguruan kita Berjaya di bumi pertiwi ini. Merpati Putih terus berkembang dari waktu kewaktu hingga saat ini perguruan kita telah berkembang luas ke berbagai Negara yang ada di dunia. Melaui prestasi ini sudah sepatutnya kita bangga terhadap perguruan kita ini.

Pada Senin malam tanggal 2 April 2018 Merpati Putih Cabang Sleman (MPCS) turut merayakan hari besar perguruan, yaitu HUT Merpati Putih yang ke 55. Perayaan ini dilaksanakan di kolat UGM, tepatnya di Gelanggang Mahasiswa UGM Yogyakarta. Hampir seluruh anggota MPCS turut memeriahkan acara ini. Perayaan HUT MP ini juga dihadiri oleh Dewan Guru, Mas Purwono, serta senior-senior pelatih di Cabang Sleman. Walaupun cenderung singkat, acara ini sangat berkesan bagi keluarga besar MPCS.

IMG-20180404-WA0001Acara ini diawali dengan upacara pembukaan, yang dibuka oleh ketua cabang MPCS, Mas Petra Sadwika. Acara selanjutnya, yaitu wejangan dari senior pelatih, yang diamanatkan kepada Mas Wuryantomo sebagai salah satu pelatih senior di Cabang Sleman. Setelah mendengar wejangan dari senior, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya seputar perguruan Merpati Putih. Banyaknya pertanyaan mulai dari trik latihan hingga pertanyaan untuk menambah motivasi peserta didik untuk semakin rajin latihan menandakan tingginya antusiasme peserta didik dalam sesi tanya jawab ini. Selanjutnya adalah acara yang tak kalah seru juga yaitu tukar kado, bagi anggota yang tidak membawa kado diberikan hukuman oleh panitia yaitu menyanyi didepan para peserta. Pemberian hukuman ini semata-mata sebagai hiburan untuk mewarnai perayaan HUT MP ini. Setelah tukar acara tukar kado, kita masuk ke acara puncak yaitu pemotongan tumpeng oleh Dewan Guru Mas Purwono dan dilanjutkan dengan Doa dan makan bersama.

Itulah sedikit cerita perayaan HUT PPS Betako Merpati Putih yang dilaksanakan di Cabang Sleman. Walaupun acara ini sederhana, namun kami menyatu dalam keharmonisan. Acara ini sangat berkesan bagi keluarga besar MPCS dan yang pasti Doa serta harapan kami sangat besar terhadap perguruan ini, semoga kedepannya PPS Betako Merpati Putih semakin maju dan berkembang keilmuan serta organisasinya. Selamat Ulang Tahun Perguruanku… Jayalah Selalu

MP SLEMAN JOSS TENAN !!!

Pantau juga kegiatan kami melalui :

Instagram : @merpatiputihsleman           Facebook : MerpatiPutih CabangSleman

UKT MPCS Maret 2018

Ujian kenaikkan tingkat merupakan salah satu rangkaian kegiatan akhir dari kegiatan Merpati Putih Cabang Sleman dalam satu periode.Disini setiap peserta dituntut bisa mencapai target standar kelulusan dari setiap kategori yang diujikan, agar peserta ujian dapat dinyatakan lolos UKT dan berhak untuk naik ke tingkat selanjutnya. UKT periode ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 17-18 Maret 2018 di kolat Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA).

Total peserta UKT pada periode ini berjumlah 68 orang, dengan rincian 53 peserta tingkat Dasar I, 7 orang peserta untuk tingkat Dasar II dan 8 peserta untuk tingkat Balik I. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan seperti biasa, pada hari Sabtu diawali dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan ujian tahap pertama yaitu ujian tulis, ujian tahap kedua ujian gerak. Kemudian, untuk ujian stamina dan pematahan dilanjutkan dihari Minggu.

PicsArt_03-25-11.43.27

Ujian kenaikkan tingkat ini dilaksanakan sebagai evaluasi bagi peserta setelah mengikuti proses latihan selama satu periode. Merpati Putih Cabang Sleman mempunyai aturan tersendiri untuk para peserta yang boleh mengikuti ujian kenaikkan tingkat yaitu yang paling utama peserta harus memenuhi presensi kehadiran latihan 75% selama satu periode, menguasai materi pertingkatan serta mengikuti ujicoba kenaikkan tingkat. Peraturan ini diberlakukan agar peserta mampu mencerna materi latihan dengan baik dan benar sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Selain sebagai evaluasi materi latihan selama satu periode, kegiatan UKT ini juga  merupakan ajang bagi anggota untuk berkompetisi antar sesama anggota. Merpati Putih cabang Sleman mempunyai cara tersendiri untuk menumbuhkan semangat latihan para anggota, yaitu sebuah penghargaan bagi setiap peserta UKT yang mampu mencapai nilai tertinggi dengan target nilai yang telah ditentukan. Penghargaannya berupa pemberian hadiah serta gratis biaya UKT untuk periode selanjutnya. Penghargaan ini berlaku bagi peserta putra dan putri untuk setiap tingkatan. Kira-kira periode ini siapa yang akan memperoleh penghargaan tersebut ???. Kita tunggu hasilnya ya.. hehe

MP Sleman Joss Tenan !!!

pantau juga kegiatan kami melalui :

Instagram : @merpatiputihsleman           Facebook : MerpatiPutih CabangSleman