Bermain Es Balok Dibalik Uji Coba

Ujicoba  adalah kegiatan yang wajib di ikuti oleh seluruh anggota yang akan mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat dalam satu periode.  Kegiatan ini diadakan  sebagai parameter kesiapan anggota untuk mengikuti Ujian Kenaikkan Tingkat. Rangkaian ujicoba antara lain uji stamina (lari sejauh lebih kurang 5 km), ujicoba gerak, dan ujicoba pematahan tiap tingkatan. Material  yang digunakan untuk ujicoba pematahan ini sama seperti ujicoba sebelumnya yaitu dengan menggunakan es balok.

Pada periode ini ujicoba dilakasanakan pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2017 (lalu) di Kolat FE UII. Dengan diikuti oleh sekitar 90 peserta dari tingkat Dasar 1 sampai dengan tingkat Balik 2, kegiatan ini berlangsung selama 5 jam, yaitu dari pukul 06.00 wib sampai dengan pukul 11.00 wib. Acara pembukaan dimulai dengan upacara perguruan dan dilanjutkan dengan pemanasan sekitar 15 menit. Setelah pemanasan peserta disiapkan untuk ujicoba stamina yaitu lari sekitar 5 km. Waktu yang ditargetkan untuk ujicoba stamina ini 30 menit. Walaupun masih ada beberapa peserta yang belum mencapai target waktu, namun semua peserta mampu mencapai garis finish tanpa ada cedera apapun. Hal ini dilakuakan agar nantinya perserta UKT tidak kaget dengan jarak tempuh yang sesungguhnya saat menjalankan UKT Maret nanti. Semoga pada saat Ujian Kenaikan Tingkat semua peserta mampu mencapai target waktu yang ditentukan.

Setelah ujicoba stamina, peserta di kelompokkan per tingkatan untuk melakukan ujicoba gerak. Ujicoba gerak ini berlangsung sekitar 1 jam, dan langsung dilanjutkan dengan ujicoba pematahan es balok. Dalam ujicoba pematahan ini, peserta dipandu oleh pelatih untuk penyeragaman teknik pematahan. Dalam ujicoba kali ini, teknik perkenaan untuk pematahan sasaran dari masing-masing tingkatan berbeda. Untuk tingkat Dasar 1 menggunakan tebangan datar kiri, Dasar 2 menggunakan sodokan datar kiri, Balik 1 dengan tebangan datar kanan, dan Balik 2 menggunakan punggung siku datar kanan.


One Response to “Bermain Es Balok Dibalik Uji Coba

  • 1
    Agung
    February 6th, 2017 02:56

    Mohon info, di Yogyakarta, adakah Kolat yang khusus untuk anak2 usia SD? (7-12 tahun)

Leave a Reply

367 views