Pancataru Merpati Putih Cabang Sleman

Pancataru merupakan singkatan dari Pendaftaran Calon Anggota Baru yang berada di cabang Sleman Yogyakarta. Setelah selesainya masa periode latihan dari tingkat Dasar I (Tingkat I) sampai dengan Balik I (Tingkat III) selama 6 bulan maka untuk mengisi kekosongan Tingkat Dasar I (Tingkat I) yang telah naik ke jenjang berikutnya maka di buka kesempatan Pendaftaran Calon Anggota Merpati Putih Cabang Sleman Untuk periode latihan kali ini (Mei – September 2014).

Kenapa disebut Calon Anggota? Karena di Merpati Putih untuk tingkat Dasar I (Tingkat I) masih berstatus calon Anggota dengan sabuk polos berwarna Putih. Setelah dinyatakan lolos dari tes fisik dan wawancara maka calon Anggota diterima untuk latihan sesuai dengan kurikulum Merpati Putih selama 6 bulan, mengikuti ujian kenaikan tingkat dan pembajaan maka calon anggota tersebut secara resmi menjadi Anggota Merpati Putih dengan tingkat Dasar II (Tingkat II) dengan sabuk warna Merah Polos.

Mengapa Pancataru Merpati Putih ada Tes Fisik dan Wawancara? apakah tidak menyulitkan anggota untuk ikut bergabung dengan Merpati Putih.

Tes Fisik dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan latihan di Tingkat Dasar yang menjadi panduan dan pegangan pelatih untuk mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan standar anggota apakah layak untuk mengikuti ujian tahap selanjutnya atau tidak juga menjadi evaluasi bagi masing-masing pribadi calon anggota untuk mengukur kemampuan diri dan meningkatkan latihan selama di Merpati Putih. Jangan sampai sebelum dan sesudah berlatih di Merpati Putih kondisi fisik peserta latihan sama saja berarti tidak ada gunanya berlatihdi Merpati putih.

Tes Wawancara dilakukan untuk melihat potensi dan motivasi dari calon peserta latihan, dengan adanya data yang secara tertulis maka akan memudahkan pelatih untuk merancang program-program latihan yang mengacu pada kurikulum yang sudah ada. Wawancara juga akan dapat diketahui loyalitas calon peserta latihan terhadap Merpati Putih terutama bagi yang sudah mengikuti latihan beladiri di tempat lain. Jangan sampai terjadi calon peserta latihan menggabungkan ilmu terutama tata pernafasan merpati putih dengan tata nafas di perguruan sebelumnya yang jelas-jelas akan merugikan sendiri dapat dicegah pada waktu tes wawancara. Calon Peserta bisa saja bohong, tetapi dengan adanya tes fisik bisa jadi akan dapat diketahui.

Jadi tes fisik dan tes wawancara diadakan demi kepentingan pelatih dan calon peserta latihan sendiri agar didapatkan hasil latihan yang optimal.

Tahapan Pancataru

  • Calon Peserta Latihan/Calon anggota Merpati Putih Cabang Sleman mengambil Form pendaftaran di tempat-tempat pendaftaran yang telah di tentukan, jika belum tahu bisa kontak no HP. 081917042101 atau mendatangi tempat-tempat latihan Merpati Putih Cabang Sleman sesuai dengan kolat/kelompok latihan dan jam latihannya.
  • Setelah diisi form dikembalikan beserta syarat-syaratnya yang telah di tentukan.
  • Calon Peserta latihan mengikuti latihan perdana sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan masing-masing tempat latihan (Kolat)
  • Pembukaan Latihan secara resmi dari Cabang Sleman untuk periode saat ini.

Kami tunggu kehadiran Anda calon-calon pewaris Ilmu Merpati Putih di masa yang akan datang, jangan sampai Pencak Silat  terutama Merpati Putih yang asli budaya nenek moyang kita tidak berkembang dengan baik.
Mersudi Patitising Tindak Pusakaning Titising Hening, Mencari untuk mendapatkan tindakan yang benar dengan jalan keheningan

Danang K
Pelatih Cabang Sleman


Leave a Reply

3,874 views