Pembajaan & Pelantikan di Parangkusumo

IMG-20180411-WA0002

Setelah 3 minggu dari rangkaian kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Merpati Putih Cabang Sleman (MPCS) selesai, waktunya pembajaan & pelantikan bagi peserta yang lulus UKT. Pembajaan dengan kata dasar “baja” memiliki makna dan tujuan untuk membentuk mental layaknya baja yang kuat dan tak mudah untuk dipatahkan. Di pembajaan ini fisik dan mental anggota ditempa agar menjadi kuat dan tangguh seperti menempa sebongkah baja agar dapat digunakan menjadi sebuah alat yang kuat dan dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. Itulah sedikit makna pembajaan bagi peserta didik, sama seperti proses latihan di Merpati Putih yang tidak hanya mengutamakan fisik namun juga pembentukan karakter bagi setiap anggota.

Pada hari Sabtu & Minggu, tanggal 7-8 April 2018, Anggota MPCS melaksanakan rangkaian kegiatan pembajaan dan pelantikan di kawasan Padepokan Merpati Putih Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus dalam UKT sebelumnya. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 56 dengan rincian, 42 Peserta dari tingkat Dasar 1, 6 Peserta dari tingkat Dasar 2 dan 8 Peserta dari tingkat Balik 1. Peserta yang telah mengikuti rangkaian kegiatan ini, telah resmi memperoleh tingkatan baru, dan berhak untuk mengikuti latihan di tingkatan selanjutnya dalam satu periode kedepan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Mas Wuryantomo dan Mas Mulyadi selaku pelatih senior di Cabang Sleman. Beliau juga memberikan wejangan kepada peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dimulai pada hari Sabtu pukul 13.00 wib, diawali dengan upacara pembukaan dan langsung dilanjutkan dengan pemanasan oleh seluruh peserta. Setelah selesai pemanasan peserta melanjutkan kegiatan menuju  Kali Opak untuk melakukan ziarah dan tabur bunga. Tabur bunga ini dimaksudkan untuk mengenang para senior Merpati Putih yang telah gugur di Kali Opak dalam pelaksanaan UKTNas beberapa tahun yang lalu. Setelah tabur bunga, peserta langsung melintasi Gunung Botak hingga kembali ke Padepokan Merpati Putih Parangkusumo dan melakukan jamasan yang telah disediakan oleh panitia. Karena hari sudah sore, sesampai di padepokan semua peserta dipersiapkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan inti selanjutnya yaitu menghantar matahari tenggelam.

Kemudian peserta diberikan waktu untuk istirahat, sholat dan makan bersama hingga ba’da Isya’. Selesai ishoma peserta dikumpulkan dipadepokan untuk mengikuti acara selanjutnya yaitu wejangan dari senior dan sedikit games dari panitia. Acara games ini diadakan sebagai hiburan agar peserta tetap fresh dan tidak mengantuk selama acara berlangsung, karena rangkaian kegiatan ini cukup panjang dan melelahkan. Setelah kegiatan indoor selesai selanjutnya peserta menuju ke Pantai Parangkusumo untuk melakukan renungan malam dan dilanjutkan dengan kegiatan malam pertingkatan.

Minggu pagi pukul 05.30 wib, semua peserta kembali menuju ke Pantai Parangkusumo untuk melakukan rangkaian kegiatan inti selanjutnya, yaitu menyambut matahari terbit dan dilanjutkan dengan latihan pertingkatan serta pengambilan sabuk merah bagi calon anggota. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan akhir dari pembajaan dan pelantikan. Setelah pengambilan sabuk dasar 1 selesai, selanjutnya peserta kembali menuju ke lapangan padepokan untuk upacara pelantikan sekaligus penutupan kegiatan akhir pekan keluarga MPCS ini.

Begitu kira-kira rangkaian kegiatan pembajaan MPCS periode April kali ini, walaupun melelahkan namun kegiatan ini memberikan pengalaman dan semangat berlatih teman-teman MPCS. Semoga kegiatan pembajaan kali ini bisa “membajakan” mental dan fisik bagi peserta didik, sehingga siap mengemban tingkatan baru. Selalu semangat latihan dan jangan lupa pola hidup sehat untuk mendapatkan badan yang sehat dan selalu bugar

MP SLEMAN JOSS TENAN !!!

Pantau juga kegiatan kami melalui :

Instagram : @merpatiputihsleman           Facebook : MerpatiPutih CabangSleman

 


Leave a Reply

355 views