Piknik ala MP Sleman yang Bikin Mental Sekeras Baja

Dua minggu pasca Ujian Kenaikan Tingkat (UKT), tiba hari yang ditunggu oleh semua peserta yang telah dinyatakan lulus UKT, yaitu kegiatan pembajaan. Kegiatan pembajaan ini merupakan kegiatan prosesi pelantikan bagi peserta UKT yang telah lulus dan berhak melanjutkan ke tingkat selanjutnya, sekaligus pikniknya peserta Merpati Putih Cabang Sleman. Sebelum menjelaskan secara detail kegiatan pembajaan, sedikit pembahasan dari proses UKT menuju Pembajaan. Setelah UKT selesai, kokom (tingkat kombinasi) selaku tim penguji melakukan yudisium untuk menentukan siapa saja peserta UKT yang lulus atau belum lulus UKT. Selain itu, dalam yudisium para kokom juga menentukan jika ada peserta terbaik dalam setiap tingkatan yang di ujikan.

Hasil dari penilaian untuk peserta terbaik keluar beberapa nama diantaranya, untuk tingkat Dasar I ada Isfi Nurafifa dari Kolat UGM untuk peserta terbaik Putri dan Muhammad Safi’i dari Kolat STTA untuk peserta terbaik Putra. Yohanes Pratama D.S dari Kolat UAJY terpilih sebagai peserta terbaik tingkat Dasar II, sedangkan peserta terbaik dari tingkat Balik I ada Suroto dari Kolat UPN. Ada yang bilang semakin tinggi tingkatan maka semakin besar pula usaha yang harus dilakukan peserta didik untuk dapat menjadi yang terbaik, itulah kenapa peserta terbaik dari tingkat Dasar II dan Balik I hanya dipilih 1 orang dari peserta Putra-Putri.

Kembali lagi di kegiatan Pembajaan, kegiatan yang wajib di ikuti oleh setiap peserta yang lulus UKT ini dilakukan selama 2 hari, mulai hari Sabtu-Minggu tanggal 1-2 April 2017. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pembajaan ini tidak selalu sama dengan pada saat UKT karena adanya peserta yang tidak lulus serta ada atau tidaknya peserta pembajaan susulan dari UKT periode sebelumnya. Kegiataan pembajaan periode April 2017 ini di ikuti oleh 86 peserta dari peserta pelantikan ke tingkat Dasar II hingga tingkat Kombinasi I dan bertempat di Padepokan Merpati Putih Parangkusumo, Yogyakarta. Diawali dengan upacara pembukaan, kegiatan pembajaan dimulai pukul 13.00 dilanjutkan dengan tabur bunga di Kali Opak dan Lintas Gunung Botak. Tabur bunga dilakukan untuk mengenang anggota Merpati Putih yang meninggal saat melintasi kali Opak. Setelah tabur bunga, selanjutnya peserta melintasi gunung botak sampai ke Padepokan Parangkusumo. Kegiatan dilanjutkan dengan jamasan dan dilanjutkan dengan kegiatan menghantar matahari terbenam di Gumuk Pasir. Setelah ishoma, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan outdoor yaitu games hingga pukul 23.30 WIB. Tepat 00.00 WIB kegiatan renungan malam yang bertempat di Pantai Parangkusumo wajib diikui oleh seluruh peserta Pembajaan. Setelah renungan malam, acara dilanjutkan dengan acara pertingkatan, kegiatan ini dikemas dalam bentuk lintas pos yang telah dilengkapi dengan berbagai tugas menarik dari panitia. Bukan untuk macam-macam, kegiatan ini hanya berfungsi untuk meningkatkan keahlian setiap peserta dalam berpikir cepat dan mengatasi segala sesuatu yang terjadi di sekelilingnya dalam waktu cepat. Ketika mulai nampak tanda-tanda munculnya matahari keesokan harinya, para peserta pembajaan di kumpulkan di Pantai Parangkusumo untuk melaksanakan kegiatan menjemput matahari terbit.

Sebelum dilakukan penyematan tanda peserta sudah di lantik, ada kegiatan latihan per tingkatan yang diberikan oleh kokom. Latihan yang diberikan juga bervariasi dan berbeda dari latihan yang biasa diberikan di kolat. Selain itu, games dan acara main air juga tidak pernah terlewatkan (karna itu salah satu tujuan latihan di Parangkusumo). Tiba puncak kegiatan pembajaan adalah pelantikan di tiap tingkatan. Melalui proses yang telah di susun oleh kokom dan panitia, peserta pelantikan menyelesaikan tahapan akhir dari pembajaan secara simbolis yaitu, mendapatakan sabuk atau strip. Pada akhir kegiatan setelah proses pelantikan ini ada upacara penutupan dan penyematan secara simbolis kenaikan tingkat setiap peserta di wakili oleh peserta terbaik, serta tidak lupa tradisi penyambutan kokom (Kombinasi I) baru oleh kokom-kokom lama. Itulah kira-kira runtutan kegiatan pembajaan yang rutin dilakukan oleh Merpati Putih Cabang Sleman setiap 6 bulan sekali. Mau merasakan sensasinya..??…Ikutan Merpati Putih, tambah ilmu, pengalaman, teman dan mental juga semakin membaja. Salam Perguruan. MP Cabang Sleman – Joss Tenan!!


Leave a Reply

185 views