Ujian Kenaikan Tingkat ala MP Cabang Sleman

UKT__1492849125_114.120.232.16Ujian Kenaikkan Tingkat (UKT) yang dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 18-19 Maret 2017, bertempat di salah satu kolat yang ada dibawah naungan cabang Sleman yaitu kolat Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA). UKT pada periode ini diikuti oleh 90 peserta, mulai dari tingkat dasar I sampai dengan tingkat balik II. Adapun jumlah peserta untuk tingkat dasar I yaitu 47 orang, tingkat dasar II berjumlah 16 orang, tingkat balik I berjumlah 22 orang dan untuk tingkat balik II berjumlah 5 orang. Seperti biasa untuk tim penguji UKT yaitu para kokom (tingkat kombinasi) Sleman. Pada kesempatan ini, ketua tim penguji UKT dipercayakan kepada Mas M. Rifki Abdullah dari tingkat kombinasi II.

Adapun rangkaian kegiatan UKT sama seperti biasa dimulai dengan upacara perguruan sekaligus pembukaan acara kegiatan. Setelah upacara selesa,i peserta langsung menuju ke ruangan yang telah disediakan oleh panitia untuk persiapan ujian tulis. Untuk ujian tulis peserta diberikan waktu 1 jam untuk menjawab semua soal ujian yang diberikan kepada masing-masing tingkatan. Pukul 16.30 ujian tulis dimulai, dan selesai pada pukul 17.30 wib. Selanjutnya peserta diberikan waktu untuk istirahat makan dan shalat sampai dengan ba’da Isya’. Selesai Ishoma peserta dikondisikan untuk persiapan ujian gerak. Biasanya di kolat STTA ujian gerak dilakukan di lapangan terbuka. Namun, karena kondisi cuaca yang kurang mendukung, untuk ujian gerak dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama untuk tingkat dasar I dan dasar II dan sesi kedua untuk tingkat balik I dan Balik II.

Dalam ujian gerak, materi yang diujikan yaitu mulai dari gerak dasar, rangkaian gerak, tangkap kunci hingga gerak berpasangan dan gerak bebas atau naluri. Untuk standar penilaian ujian gerak berbeda untuk setiap tingkatannya. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk ujian gerak sekitar 2-3 jam untuk masing-masing sesi. Khusus untuk tingkat balik II, ada materi ujian getaran, yaitu ujian halang rintang dan pencarian benda dengan mata tertutup.

Keesokan paginya (minggu pagi) peserta bersiap untuk melanjutkan ujian yaitu ujian stamina dan tenaga. Untuk ujian stamina, peserta harus lari sejauh 10 km dengan waktu 1 jam untuk tingkat dasar I sampai dengan balik I, dan 15 km untuk tingkat balik II. Setelah lari peserta langsung mempersiapkan diri untuk ujian tenaga atau pematahan benda keras. Material yang digunakan untuk ujian tenaga yaitu beton cor dan batu kali. Hehe… semangat terus kawan .. semoga hasil UKT nya memuaskan. Aamiin.

Kegiatan UKT selesai sekitar pukul 11.00 wib, dan ditutup dengan upacara perguruan. Untuk peserta yang dinyatakan lulus ujian diwajibkan mengikuti acara pembajaan dan pelantikan yang renacananya akan dilaksanakan dua minggu setelah Ujian Kenaikan Tingkat. Semoga semua peserta lulus dengan hasil yang memuaskan .. Aamiin ? Itulah sedikit penjabaran tentang Ujian Kenaikan Tingkat Merpati Putih Cabang Sleman.. MP Sleman Joss Tenan !!!


Leave a Reply

158 views